manfaat wifi

Jual Software: Informasi tentang Wi Fi

Di mana-mana sekarang kita sering mendengar atau bahkan menggunakan WI-Fi.  Perusahaan kita menyediakan Wi-Fi di kantor untuk efisiensi biaya  dan kenyamanan pegawai. Di Mal-Mal, Café, dan Restaurant, banyak disediakan Free Wi-Fi sehingga dengan netbook, laptop, smart phone atau HP kita tetap bisa internetan dan bekerja sambil bersantai.

Apa sih sebenarnya Wi Fi itu?
Teknologi WiFi atau Wireless adalah merupakan cara lain untuk menghubungkan komputer Anda ke jaringan dengan menggunakan frekuensi radio dan tidak ada kabel jaringan.
Wireless bekerja mirip dengan telepon cordless, mereka mengirimkan data dari satu titik ke titik lain melalui sinyal radio. Namun teknologi nirkabel juga mensyaratkan bahwa Anda berada dalam area jangkauan jaringan nirkabel untuk dapat menghubungkan komputer Anda. Ada tiga jenis jaringan nirkabel:
  1. Wireless Local Area Network (WLAN): WLAN adalah jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio. Jaringan backbone biasanya menggunakan kabel, dengan satu atau lebih titik akses nirkabel yang menghubungkan pengguna nirkabel ke jaringan kabel. Kisaran WLAN bisa dimana saja dari kamar tunggal ke seluruh kampus.
  2. Wireless Personal Area Network (WPAN): WPANs adalah jarak pendek jaringan yang menggunakan teknologi Bluetooth. Mereka umumnya digunakan untuk menghubungkan perangkat yang kompatibel dekat lokasi sentral, seperti meja. Sebuah WPAN memiliki jangkauan yang khas dari sekitar 30 kaki.
  3. Wireless Wide Area Networks (WWAN): WWANs diciptakan melalui penggunaan sinyal ponsel biasanya disediakan dan dipelihara oleh ponsel tertentu (selular) penyedia layanan. WWANs dapat menyediakan cara untuk tetap terhubung bahkan ketika jauh dari bentuk-bentuk lain dari akses jaringan. Juga berhati-hatilah bahwa biaya tambahan sering dikaitkan dengan penggunaan WWANs di beberapa lokasi.
Bagaimana menggunakan WiFi?
Yang dibutuhkan untuk menggunakan teknologi Wi Fi (selain mobile PC) adalah sebuah wireless PC Card. Tergantung pada umur mobile PC anda, yang terbaru wireless PC Card sudah tersedia atau anda harus memasukkannya pada PC Card Slot dan termasuk antena.
Bila PC mobile, system operasi  mendukung dan tempat yang anda kunjungi menyediakan Wi Fi, anda bisa menggunakan Wi Fi. Windows versi terbaru seperti Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP sudah mendukung teknologi Wi Fi ini. Informasi penggunaan WiFi untuk Windows7, Windows Vista dan Windows XP.
Apa keuntungan menggunakan wireless?
  1. Fleksibilitas: jaringan wireless tanpa kabel sehingga memungkinkan Anda untuk berkeliling dengan PC anda. Anda dapat berkeliling dari kantor Anda ke ruang konferensi terdekat untuk pertemuan, atau dari sofa di ruang tamu ke dapur untuk makanan kecil. Misalnya, jika Anda bekerja secara nirkabel/wireless dalam pertemuan, Anda dapat printout laporan bagi rekan kerja tanpa harus meninggalkan pertemuan.
  2. Menghemat waktu: Jika Anda sedang menunggu respons yang penting Anda dapat menggunakan PC mobile Anda untuk memonitor e-mail Anda bahkan ketika Anda sedang dalam pertemuan atau saat makan siang. Segera setelah Anda mendapatkan data yang diperlukan, Anda dapat segera maju ke pelanggan anda daripada bertanya-tanya apakah ada informasi yang datang di saat Anda sedang pergi dan harus berlari kembali ke kantor Anda antara pertemuan dan komitmen lainnya.
  3. Meningkatkan produktivitas: Bekerja secara nirkabel memungkinkan Anda untuk mengubah waktu menunggu antar pertemuan atau saat transit ke waktu produktif. Sebagai contoh, Anda mungkin akan menghadiri konferensi dan hanya menemukan bahwa salah satu sesi yang rencananya Anda hadiri telah dibatalkan. Daripada membuang satu jam ke depan untuk menunggu, Anda dapat memeriksa e-mail, mulai menyusun laporan perjalanan Anda, atau perintah hadiah ulang tahun anak Anda.
  4. Kolaborasi dengan mudah: Menggunakan mobile PC nirkabel, Anda dapat berbagi file dan informasi dengan orang lain dengan mudah. Misalnya, Anda dapat berkolaborasi pada presentasi dengan kolega selama penundaan penerbangan di ruang tunggu bandara, atau Anda dapat berbagi silabus kursus dengan peserta kursus sehingga mereka dapat lebih berpartisipasi secara digital selama pelajaran.
Apa resiko menggunakan nirkabel/wireless?
Ketika bekerja secara nirkabel dari hotspot dan tempat-tempat umum, Anda bertanggung jawab untuk memastikan keamanan file Anda dan PC mobile Anda.
Untuk membuat akses jaringan lebih mudah bagi para penggunanya, hotspot publik biasanya mematikan semua keamanan. Ini berarti bahwa informasi apapun yang Anda kirim dari hotspot kemungkinan besar tidak terenkripsi, dan siapa pun dalam jangkauan LAN nirkabel, baik di meja depan atau di tempat parkir, dapat mengakses dan menggunakan koneksi Internet Anda, dan melihat informasi yang tidak anda lindungi.
Intinya, WiFi memberikan kebebasan untuk pergi kemana saja dan tetap terhubung ke kantor Anda, keluarga Anda, dan aspek-aspek penting lainnya dalam hidup Anda. Kantor virtual Anda sekarang bisa menjadi es krim salon di sebuah resor pantai.  Nikmati semuanya dengan kelebihan yang diberikan Wi Fi kepada anda.

0 komentar:

Posting Komentar